Pages

Rabu, 02 Mei 2012

Manfaat Dan Fungsi Susu Dalam Roti

Ghiboo.com - Susu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tapi juga memiliki banyak manfaat dalam pengolahan makanan. Pada roti, cairan putih itu memperbaiki warna remah dan kulit, sehingga lebih gelap dan mengkilap.

Kandungan kalsiumnya yang tinggi, memperkuat gluten adonan roti. Namun, tak sembarang susu bisa ditambahkan pada adonan roti. Susu merupakan emulsi lemak dalam air, yang mengandung garam-garam mineral, gula, dan protein.



Lantaran kandungan lemaknya tinggi, susu kerap ditambahkan pada adonan roti, untuk memberikan cita rasa gurih, memperkuat aroma, dan melembutkan tekstur. Lemak juga berfungsi untuk menunjang elastisitas adonan, sehingga mudah mengembang.

Lemak susu tidak larut dalam air, tetapi mampu mengabsorbsi (menyerap) air sekitar 0,2 persen. Sifat lain lemak, mudah menyerap bau dengan cepat. Karena itu, mentega dan cream tidak boleh disimpan berdekatan dengan bahan berbau tajam karena akan mengurangi kualitas produk tersebut.

Protein susu dalam bentuk casein, berfungsi menyediakan keseimbangan protein dan memperkuat gluten pada produk berbasis terigu. Sementara laktosa atau gula susu, memberikan warna pada remah dan kulit roti.


(Berbagai sumber)
Dikutif dari : Yahoo!SHE



0 comments:

Posting Komentar